1 2

Rabu, 05 Mei 2010

MS Word

18. BEBERAPA TAMBAHAN
Membelah Jendela
Seringkali pada beberapa jenis tulisan dalam mengetiknya sesuatu kita harus melihat acuan ke halaman sebelumnya. Kalau halaman itu letaknya jauh kita kesulitan harus bolak-balik dengan tombol page down/page up atau yang lainnya. Jadi cukup ‘belah’ jendela Ms Word ! Caranya pilih Windows > Split. Tentukan ukuran ‘pembelahan’ sesuka kita lalu klik sekali. Maka akan ada 2 jendela Ms Word untuk dokumen yang sama.

Mengganti Case
Kadang kita lupa menulis singkatan seperti ABRI, TNI, RRI, tidak memakai huruf besar. Kita tidak harus menghapus lalu mengetik lagi melainkan kita tekan Shift+F3. atau dengan menu Format > Change Case.

Menghilangkan “garis merah”
Pada waktu Microsoft Word di Install biasanya setiap ketikan kita di bawahnya muncul garis merah bergelombang. Hal ini dikarenakan bahasa yang default terinstal pada Microsoft Word adalah bahasa English (U.S). Dan Microsoft Word memiliki semacam kamus bahasa tersebut dalam programnya.
Jadi bila ada kata yang tidak terdapat dalam kamus tersebut Microsoft Word akan memberi tanda garis merah bergelombang itu. Cara menghilangkannya yaitu dengan memilih Tools > Option. Pada tab Spelling and Grammar hilangkan tanda check pada pilihan Check spelling as you type. Klik OK.

Memanfaatkan AutoCorrect
Setiap orang memiliki kebiasaan buruk dalam mengetik, seperti saya misalnya sering mengetik “utnuk” padahal seharusnya “untuk”. Entah kenapa kebiasaan ini sulit dihilangkan. AutoCorrect adalah fitur dari Ms Word untuk menyelesaikan masalah itu. Pada menu pilih Tools , Auto Correct Option. Pada kotak Replace masukan kata-kata salah yang sering kita ketik, pada kotak With masukkan kata yang benar. Klik Add.

Mencetak Halaman Terakhir duluan
Seringkali setelah kita mencetak dokumen yang banyaknya belasan atau puluhan halaman, kita harus mengurutkan kembali urutannya. Karena defaultnya Ms Word akan mencetak dari halaman pertama, maka halaman yang nanti berada paling atas setelah selesai dicetak adalah halaman terkahir!
Yang dapat kita lakukan adalah dengan memilih Tools, Option, pada tab Print beri tanda check pada pilihan Reverse print order. Klik OK. Maka Ms. Word akan mencetak dari halaman terakhir dan dokumen kita akan otomatis terurut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar